Liiiiiburaaaan : Back to Kampung Part II

31 Des 08
Siap-siap ke Solo. Gak perlu ke terminal. Cukup nyegat bis di depan rumah. Perjalanan Ngijo-Solo memakan waktu kira2 6-7 jam. Jadi, berangkat pagi-pagi biar sampe di Solo gak kesorean.
Sampe di Solo sekitar jam 13.30, langsung dijemput.

1 Jan 09

Hari ini, kami berempat mo jalan-jalan ke Yogya naik kereta api Pramex (kalo di sini kaya kereta Jabotabek gitu, tapi tiketnya rada mahalan, 7rb perak). Waktu di stasiun Jebres sih gak terlalu penuh, meski gak dapet tempat duduk, tapi waktu masuk sta Solo Balapan, "Oh my God" yang naik banyak banget. Jadinya kaya naik kereta Jabotabek yang ke arah Kota pagi-pagi. Kaya pepes, pake ada yang pingsan segala lagi.
Pokoknya setelah berhimpit-himpitan, satu jam kemudian sampe deh kite.

Agenda hari ini kita mao ke Taman Sari, kalo keraton dah pernah (lagian keratonnya tutup tuh)dan tentu saja belanja, jalan-jalan cuci mata di Malioboro.
Tau gak tadinya kita mau ke Taman Sari naik Delman atao becak tapi mahal, padahal tempatnya gak seberapa jauh. Naik Delman masak 50rb, gilee, naik becak 15 rb, mentang-mentang bukan orang lokal nih. Jadinya kite jalan deh, menyusuri perkampungan. Terus salat zuhur di Masjid Agung yang keren banget (khas Jawa loh.)

Setelah istirahat bentar, kita jalan lagi menuju Taman Sari, sekalian cari makan. Setelah lirik sana-sini, kita mampir di Bale Raos, tepatnya di belakang keraton(Jl.Magangan Kulon I, Kraton Yogya, Telp : 0274-415550). Tadinya kirain nih restoran Sunda, eh ga taunya nih restoran menyajikan masakan-masakan khas Jawa kegemaran Sultan HB. Kalo ngeliat desain nih restoran yang agak-agak elit, kita semua deg-degan karena nyangka harganya pasti mahal, eh ternyata masih cukuplah buat kantong kita-kita.

Menu yang kita pesan nasi golong 28rb (terdiri dari ayam bakar, sayur, telur pindang, sama sayuran sebangsa karedok), sup lidah 12rb, nasi goreng 20rb, pecel buah 10rb, es asem 5rb, es stoop 5rb.

Kenyang makan, barulah ke Taman Sari.Terus balik ke Malioboro buat belanja.Tapi...hiks Mirota tutup, jadilah belanja di tempat lain. Trus pulang deh naik kereta terakhir. Capee...

2 Jan 09
Hari rencana buat keliling kota Solo di malam hari. Berangkat dari rumah jam 3 sore. Tempat pertama, adalah beli Serabi Solo Notosuman (Jl. Muh Yamin No.49, Solo)yang dah melegenda. Gw pesen satu kotak serabi campur isinya 5 serabi biasa dan 5 serabi coklat, harga 17rb.

Yummi banget. Manis, gurih, Lembut, gak kaya serabi lain yang pernah gw coba. TOB BGT deh pokoknya.
Terus keliling beli oleh-oleh, serundeng, keripik paru, usus dan ceker.

Menjelang malam mampir di Bistik Hardjo. Kalo setau gw yang namanya bestik Solo itu dari daging sapi, tapi di sini lengkap, dari daging sapi, ayam, telor, rempela ati, lidah, semua ada. Kita pesen bistik uritan 12rb, telon 19rb, dadar lidah 14rb, ayam 11 rb,wedang coklat 3rb, wedang jeruk 2rb, wedang teh 1.5rb. Gw pilih pesen bistik telon atau bistik campur, biar bisa ngerasain semua gitu.Murah, enak, ngenyangin, padahal gak pake nasi lho.

Sayangnya turun ujan, jadinya pulang kita semua keujanan deh.

3 Jan 09
Siap-siap mo pulang ke Jakarta lagi. Tiket udah dipesen jauh-jauh hari. Orangnya aja masih di Jakarta, tiket pulangnya dah dipesen duluan he...he...he...